PEMBENTUKAN KOTARI

PEMBENTUKAN KOTARI [1]

 

6 September 1965

 

Kemarin bertempat di Istana Bogor Presiden melantik Kepala Staf KOTARI (Komando Tertinggi Berdikari) dan Pimpinan bidang-bidang dalam Staf Komando Berdikari. Presiden menginstruksikan kepada lembaga yang baru ini untuk memeras keringat dan otak sehebat-hebatnya guna dapat mengikis habis inflasi dalam waktu setahun.

Hari ini Menteri Perdagangan Dalam Negeri/Kuasa Menteri Perdagangan Luar Negeri Brigjen A. Jusuf selaku Kepala Staf KOTARI menerangkan kepada pers bahwa obyek utama.KOTARI adalah memperjuangkan usaha-usaha untuk melawan inflasi yang mengandung bahaya-bahaya bagi kelangsungan revolusi Indonesia seperti kemerosotan akhlak, korupsi, ketidak adilan dan sebagainya. Saya pikir “nah, Jusuf tidak jadi masuk Presidium cuma jadi Kepala Staf KOTARI doang.” (SA)

 

[1] Catatan wartawan senior Rosihan Anwar, suasana sosial politik bangsa Indonesia, menjelang peristiwa G30S-PKI 1965, antara tahun 1961-1965. Dikutip dari buku “Sebelum Prahara: Pergolakan Politik Indonesia 1961-1965”, Jakarta : Sinar Harapan, 1980, hal. 543-543.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*