KONPERENSI A-A KE II DITUNDA

KONPERENSI A-A KE II DITUNDA [1]

 

28 Juni l965

 

Presiden telah berangkat menuju Aljazair memimpin delegasi Indonesia dalam sidang Puncak Konperensi Afrika­Asia ke II yang menurut rencana akan dilangsungkan tanggal 29 Juni. Dengan pesawat terbang yang lain pada waktu yang sama berangkat pula anggota-anggota rombongan Presiden di antaranya Wakil PM III Dr. Chaerul Saleh, Menko/Ketua Panitia Pembina Jiwa Revolusi Dr. H. Ruslan Abdulgani, Menko/Wakit Ketua MPRS D.N. Aidit, Menteri Negara Njoto, Menteri Mardanus, anggota DPA A.M. Dasaad.

Akan tetapi dari Aljazair diterima berita setelah diadakan pembicaraan antara Menlu Aljazair Bouteflika, Menlu RRT Chen Yi, Menlu RPA Mahmud Riyad dan Menlu Indonesia Subandrio, maka diputuskan menunda Konperensi A-A ke II empat bulan lamanya. (SA)

 

[1] Catatan wartawan senior Rosihan Anwar, suasana sosial politik bangsa Indonesia, menjelang peristiwa G30S-PKI 1965, antara tahun 1961-1965. Dikutip dari buku “Sebelum Prahara: Pergolakan Politik Indonesia 1961-1965”, Jakarta : Sinar Harapan, 1980, hal. 523-523.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*