INDONESIA AKAN BERHASIL MEMBUAT BOM ATOM

INDONESIA AKAN BERHASIL MEMBUAT BOM ATOM [1]

 

24 Juli 1965

 

“Insya Allah dalam waktu ini kita akan berhasil  membuat bom atom sendiri. Bom atom itu bukan akan kita gunakan untuk mengagresi bangsa atau negara lain tetapi sekedar untuk menjaga kedaulatan tanah air kita dari gangguan-gangguan tangan jahil akan kita gunakan kalau kita diganggu atau diserang. Bila kita diganggu, maka seluruh rakyat Indonesia akan maju ke depan dan menggerakan seluruh senjata yang ada pada kita”.

Hal ini diumumkan Presiden Sukarno kepada seluruh rakyat Indonesia pada rapat umum Muktamar Muhammadiyah ke-36 di Bandung. Kalangan politik heran membaca berita ini. Mustahil sekali Indonesia telah mencapai kemampuan teknologi begitu tinggi sehingga dapat membuat bom atom? Lain halnya bilamana Indonesia mendapat bantuan dari RRT untuk membuat bom atom sebab memang RRT sudah meledakkan bom nuklirnya.

Mungkinkah juga soal pembuatan bom atom ini dibicarakan secara rahasia dalam pertemuan-pertemuan yang begitu banyak antara Presiden dan Dr. Subandrio dengan Chou En Lai dan Chen Yi? Orang hanya dapat menduga tetapi tidak tahu dengan persis. (SA)

 

[1] Catatan wartawan senior Rosihan Anwar, suasana sosial politik bangsa Indonesia, menjelang peristiwa G30S-PKI 1965, antara tahun 1961-1965. Dikutip dari buku “Sebelum Prahara: Pergolakan Politik Indonesia 1961-1965”, Jakarta : Sinar Harapan, 1980, hal. 526-527.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*