DIRGAHAYU PYM PRESIDEN

DIRGAHAYU PYM PRESIDEN [1]

 

6 Juni 1965

 

Apa nama gejala ini saya tidak tahu. Kultus individu? Jilatisme? Entahlah. Suatu teken des tijds alias pertanda zaman. Hari ini saya baca dalam bulletin “Antara”. dalam huruf kapital dimuat pada suatu halaman penuh teks berikut :

 DIRGAHAYU

P.Y.M . PRESIDEN/PEMIMPIN BESAR REVOLUSI BUNG KARNO

BERKENAAN DENGAN GENAP USIA PYM PRESIDENt PEMIMPIN BESAR REVOLUSI 64 TAHUN, SELURUH ANGGOTA DEWAN PIMPINAN, WARTAWAN DAN PE­KERJA LKBN ANTARA MEMANJATKAN DO’A KE HADIRAT ILLAHI, SEMOGA PYM PRESIDEN/PEMIMPIN BESAR REVOLUSI DIRAHMATI TUHAN YANG MAHA ESA DENGAN USIA PANJANG DISERTAI TAUFIK DAN HIDAYATNYA, UNTUK MEMBIMBING DAN MENGGE­RAKKAN RAKYAT DAN BANGSA INDONESIA SAMPAI KEPADA TUJUAN REVOLUSI NASIONAL, UNTUK ME­ MELOPORI REVOLUSI KEMANUSIAAN MEMBANGUN KEMBALI DUNIA BARU Dl MANA SELURUH UMAT MANUSIA DAPAT HIDUP SEBAGAI KELUARGA BE­SAR MENGECAP KEADILAN, KESEJAHTERAAN DAN PERDAMAIAN ABADI. (SA)

 

 

 

a/ n Dewan Pimpinan dan keluarga LKBN Antara

Wakil Ketua I

 

 

[1] Catatan wartawan senior Rosihan Anwar, suasana sosial politik bangsa Indonesia, menjelang peristiwa G30S-PKI 1965, antara tahun 1961-1965. Dikutip dari buku “Sebelum Prahara: Pergolakan Politik Indonesia 1961-1965”, Jakarta : Sinar Harapan, 1980, hal. 520-521.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*