“BANTING STIR” Dl BIDANG PEMBANGUNAN

“BANTING STIR” Dl BIDANG PEMBANGUNAN [1]

 

11 April 1965

 

Sidang pleno  ke  III  MPRS  diadakan  di  Bandung  dan dalam “Amanat Politiknya Presiden /Mandataris MPRS Sukarno menyerukan agar kita melakukan “banting  stir”  dibidang pembangunan dengan mengubah pola pembangunan nasional sesuai dengari tuntutan revolusi sekarang dengan prinsip berdiri di atas kaki sendiri (Berdikari).

Presiden menyatakan keyakinannya “Malaysia” pasti han­cur lebur  dan  menegaskan  hanya  persatuan  dan kesatuan Nasakomlah  alat yang  seampuh-ampuhnya  untuk  mencapai tiga kerangka tujuan revolusi. Namun diingatkan oleh Presiden bahwa dalam melakukan “banting stir” kita tidak boleh mengubah kepribadian kita sendiri. Dinyatakannya pula bah­wa tahap nasional demokratis dalam perjuangan kita sudah hampir selesai dan bahwa Conefo (Converence of the New Emerging Forces) merupakan tugas politik kita. (SA)

 

[1] Catatan wartawan senior Rosihan Anwar, suasana sosial politik bangsa Indonesia, menjelang peristiwa G30S-PKI 1965, antara tahun 1961-1965. Dikutip dari buku “Sebelum Prahara: Pergolakan Politik Indonesia 1961-1965”, Jakarta : Sinar Harapan, 1980, hal. 507-508.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*