AIDIT USULKAN PERSENJATAILAH BURUH DAN TANI

AIDIT USULKAN PERSENJATAILAH BURUH DAN TANI [1]

 

15 Januari 1965

 

Ketua PKI D.N. Aidit mengusulkan kepada Presiden/Pembesrev agar kaum buruh dan tani yang terorganisasi dalam ormas-ormas revolusioner dipersenjatai sebagai jawaban atas kekurang-ajaran imperialis Inggris yang dewasa ini terus­-menerus memperkuat jumlah tentaranya di daerah “Malaysia”. Menurut Aidit, jumlah kaum buruh yang perlu dipersenjatai ada 5 juta sedangkan katim tani ada 10 juta. Atas pertanyaan pers apakah Presiden menyetujui usul itu ketika dikemukakan, maka Aidit menjawab dengan menggambarkan “Presiden manggut-manggut”.

Hari ini ketua Partindo K. Werdojo menyatakan setuju sepenuhnya dengan usul yang dikemukakan oleh ketua PKI Aidit agar buruh dan tani dipersenjatai.

Sebagai pengamat politik saya bertanya apa pula kiranya ada di belakang move PKI ini? Meminta supaya buruh dan tani dipersenjatai dapat berarti PKI sedang meratakan jalan ke arab perebutan kekuasaan dengan kekerasan fisik? (SA)

 

[1] Catatan wartawan senior Rosihan Anwar, suasana sosial politik bangsa Indonesia, menjelang peristiwa G30S-PKI 1965, antara tahun 1961-1965. Dikutip dari buku “Sebelum Prahara: Pergolakan Politik Indonesia 1961-1965”, Jakarta : Sinar Harapan, 1980, hal. 500-501.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*