PEMBENTUKAN KABINET DWIKORA

PEMBENTUKAN KABINET DWIKORA [1]

 

27 Agustus 1964

 

Presiden hari ini mengumumkan susunan baru kabinet yang dinamakan Kabinet Dwikora sebagai ganti Kabinet Kerja. Kabinet baru dimaksudkan untuk mengefektifkan pelaksanaan program pemerintah berdasarkan pidato Tavip tanggal 17 Agutus lalu. Kabinet baru yang akan dilantik tanggal 2 September ini mempunyai program yang sama yang tekanannya ialah pada sandang-pangan, pembangunan dan pengganyangan Malaysia. Dengan tersusunnya kabinet baru setelah di-reshuffle itu, maka ada 10 orang Menteri baru yaitu Njoto, BrigjenPol.Mudjoko, Mayjen Dr. Sumamo, Kolonel Sutardijo, Drs. Surjadi, Sutomo, Mayjen Sarbini, Drs. Achadi, Nyonya Artati Marzuki-Sudirdjo dan Brigjen Dr. Sjarif Thajeb.

Yang menarik perhatian kalangan peninju politik ialah masuknya kini pemimpin PKI Njoto ke dala kabinet. Dengan begitu Kabinet Nasakom yang sejak dulu didengung-dengungkan oleh kaum komunis kini menjadi suatu kenyataan. (SA)

 

[1] Catatan wartawan senior Rosihan Anwar, suasana sosial politik bangsa Indonesia, menjelang peristiwa G30S-PKI 1965, antara tahun 1961-1965. Dikutip dari buku “Sebelum Prahara: Pergolakan Politik Indonesia 1961-1965”, Jakarta : Sinar Harapan, 1980, hal. 474-475.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*